Kuis UKMJAGOWAN.ID Berhadiah Gopay Total Senilai Rp 750.000!

UKMJagoWAn

Ayo ikuti kuis UKMJAGOWAN.ID dan menangkan Gopay Rp 150.000!

 

CARANYA GAMPANG! Baca baik-baik syarat dan ketentuan di bawah ini, jangan sampai ada yang terlewat

- Like postingan IG ini (klik di sini)
- Follow Instagram @ukmindonesiaid dan @ukmjagowanid
- Follow seluruh Instagram UKMJAGOWAN ini: @emaksita_store @erthreepatisserie
@wearhooman @artisticajewelry @vegipuff
- Share postingan ini pada IG Story kamu, mention @ukmindonesiaid dan @ukmjagowanid 
- Tag 3 teman kamu pada kolom komentar di bawah
- Jawab kuis di bawah ini:

bit.ly/kuis-jagowan

 

5 peserta dengan jawaban paling menarik akan dipilih langsung oleh ukmindonesia.id!

 

Periode 7-10 Januari 2023

 

Pengumuman 12 Januari 2023 melalui IG @ukmindonesia.id dan @ukmjagowanid

07 January 2023 | 1 Mins Read

Dicari! 50 UMKM untuk Bergabung ke dalam Katalog UKMJAGOWAN.ID!

UKMJagoWAn

KURASI DIBUKA HINGGA 15 NOVEMBER 2022 PUKUL 23.59!

 

Katalog www.ukmjagowan.id merupakan katalog promosi brand-brand UMKM Lokal terkurasi dengan tujuan untuk memudahkan berbagai pihak untuk menemukan dan menjalin kerjasama dengan brand-brand unggul UMKM di Indonesia. 
 

Program ini dipersembahkan oleh ukmindonesia.id bersama WhatsApp dan didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI, serta Kementerian Perdagangan RI. 
 

Nah sekarang ukmjagowan.id terbuka untuk 50 UMKM baru yang ingin Go Global loh! Program ini cocok banget untuk UMKM yang memiliki orientasi serta keinginan Go Global yang tinggi!
 

Emang apa aja sih manfaatnya?
Well, selain terpampang pada katalog produk lokal yang  menampilkan profil bisnismu sehingga bisa mendapat lebih banyak exposure dari konsumen maupun calon mitra bisnis, kamu juga bisa mendapatkan berbagai kesempatan mengikuti pelatihan serta peluang mengikuti pameran dan business matching. Banyak banget kan manfaatnya! lihat manfaat lengkapnya di sini
 

Lalu syaratnya apa aja sih?
- Bisnis yang sudah berjalan minimal 1 tahun
- Kategori produk bebas
- Memiliki akun Instagram Bisnis dan wajib follow @ukmindonesiaid @ukmjagowanid 
- Memiliki Whatsapp Bisnis
- Memiliki dan memperbarui Katalog Whatsapp Bisnis
- Produk merupakan hasil produksi sendiri dan menggunakan nama brand milik sendiri (bukan re-seller)
- Memiliki keinginan dan orientasi tinggi untuk Go Global
- Wajib menyelesaikan dan mendapatkan sertifikat dari 2 materi kursus online tumbu.co.id:
1. bit.ly/tumbujagowan-godigital
2. bit.ly/tumbujagowan-goglobal

 

Yuk buruan daftarkan usahamu di 
bit.ly/kurasiukmjagowanid 

 

Pendaftaran dibuka hingga 15 November pukul 23.59 WIB

Jangan lupa untuk sebarkan berita baik ini ke semua pelaku bisnis disekitarmu!

#ukmjagowan #ukmindonesiaid #bangkitbareng #umkmindonesia #banggabuatanindonesia

04 November 2022 | 3 Mins Read

Kolaborasi UKMJagoWAn Ladang Lima dan ukmindonesia.id untuk Dukung Indonesia Jadi Pusat Pangan Gluten-Free Dunia Melalui Healthypreneur 2022

UKMJagoWAn

Ladang Lima, sebuah brand UKM pionir pangan sehat gluten free berbasis singkong, tahun ini kembali menyelenggarakan Program Kompetisi Inovasi Produk dan Pendampingan Bisnis Healthypreneur 2022. 

 

Program ini bertujuan untuk mendorong terciptanya lebih banyak variasi pangan gluten free berbahan tepung singkong, mengkurasi calon mitra UMKM yang sesuai untuk masuk ke jaringan pemasaran Ladang Lima, serta mengakselerasi pertumbuhan industri pangan gluten free dengan memberikan dukungan modal usaha bagi para pemenang.

 

Sebagai ajang tahunan yang memasuki tahun kedua penyelenggaraannya, Healthypreneur 2022 menyiapkan dukungan modal usaha puluhan juta rupiah dan kesempatan masuk ke jalur distribusi Ladang Lima untuk para pemenang. Melalui kolaborasi dengan ukmindonesia.id dari Universitas Indonesia, tahun ini aspek pendampingannya diperkuat melalui rangkaian tantangan terstruktur dan juga bootcamp pendampingan online bagi 31 semi-finalis. 

 

Adapun muatan konten pengembangan kapasitas pada bootcamp tersebut mencakup teknik pengolahan tepung mocaf singkong menjadi produk pangan gluten free, branding, digital marketing, manajemen keuangan, dan metode pengujian pasar atau market testing untuk memastikan bahwa hasil inovasi produk benar-benar sesuai dengan kebutuhan atau selera konsumen sehingga dapat laku terjual. 

 

Saat ini Ladang Lima sudah mengekspor produk tepung maupun cookies berbasis singkong nusantara ke lebih dari 10 negara di benua Australia, Eropa, Asia, dan Amerika. Hal ini membuktikan bahwa produk pangan gluten free semakin disukai masyarakat global. Pangan gluten free lebih sehat dan aman bagi semua kalangan, termasuk orang-orang yang punya diabetes, asam lambung (gerd), atau punya kondisi medis tertentu yang intoleran pada protein gluten yang terkandung pada tepung gandum, rye, dan barley. 

 

"Bagi kami, ini peluang besar yang harus kita garap maksimal, karena Indonesia diberkati Tuhan dengan singkong yang memang bebas gluten. Melalui Program Healthypreneur kami ingin mendorong pelaku usaha untuk berinovasi menciptakan menu pangan gluten free baru, dan menyiapkan skema yang jelas untuk  bergabung dalam jaringan pemasaran kami.  Dengan demikian, kita hadirkan lebih banyak pilihan pangan gluten free untuk konsumen, dan tentunya, bertumbuh sama-sama. Mimpinya, kelak kita bisa jadi pusat pangan gluten free dunia dan petani singkong kita pun bisa lebih sejahtera. Ladang Lima ingin proaktif dan terdepan dalam upaya mewujudkan mimpi ini.", ujar Annisa Pratiwi, CEO Ladang Lima.

 

Healthypreneur 2022 sebagai Program Pendampingan Dari dan Untuk UMKM

 

Diluncurkan pada 15 Juli 2022, Healthypreneur 2022 menjaring 573 peserta dari 26 provinsi. Sebanyak 229 peserta lolos tahap tantangan pertama berupa cipta menu gluten free berbahan tepung singkong Ladang Lima. Berdasarkan kreatifitas menu dan kesesuaiannya sebagai produk gluten free, terpilih 31 semi finalis yang mendapatkan pendampingan melalui bootcamp online, dan ditantang lebih lanjut untuk melakukan validasi pasar dengan menjual menu barunya, dan dievaluasi berdasarkan perizinan usaha, kreatifitas promosi digital, dan rencana pengembangan usahanya (pitch deck). Akhirnya, pada 14 Oktober 2022 terpilihlah 10 finalis, yaitu:

 

1. Stephen Golden Kurniawan (Vegi Puff, Surabaya - Jawa Timur)
2. Elana Agustin (Kwacis Cookies, Surabaya - Jawa Timur)
3. Risa Shabrina Yusman (Briina Kitchenette, Malang - Jawa Timur)
4. Esie Hayundiar (MOM & GO, Balikpapan - Kalimantan Timur)
5. Rini Puspasari (Erthree Patisserie, Depok - Jawa Barat)
6. Ardian Firdaus Martanto (PAIQU, Sleman - DI Yogyakarta)
7. Rita Dyana Melati (Cissipizza, Malang - Jawa Timur)
8. Laksmi Indra Fatima (Lif n Lov Pie, Tangerang Selatan - Banten)
9. Anik Purwanti (DuCrija Mush Chi, Sragen - Jawa Tengah)
10. Santi Krisantina Hakim (WIZZ sausage, Tangerang Selatan - Banten)


Seluruh finalis ini akan diundang ke sesi penjurian grand final yang direncanakan pada 6 November ini dengan format acara penjurian offline di Jakarta.  Dukungan modal usaha dan hadiah hiburan telah menanti para juara. Namun yang justru lebih penting bagi penumbuhan usaha adalah terbukanya akses untuk masuk ke ekosistem distribusi Ladang Lima yang sudah tersebar di banyak kanal online dan offline. 

"Kami bangga bisa kolaborasi dengan bisnis UKM yang berani ambil langkah nyata untuk meningkatkan dampak sosialnya. Healthypreneur Ladang Lima adalah pioneer program pendampingan terstruktur dan berkelanjutan untuk wirausaha pangan gluten free. Ini bukti bahwa sebuah bisnis tak perlu menunggu besar untuk mewujudkan tanggung jawab sosial lingkungannya. Dari finalis yang 80% perempuan, kami berharap Healthypreneur bisa menginspirasi banyak  anak negeri, khususnya pelaku UMKM dan perempuan yang masih ragu untuk berpartisipasi dalam aktivitas ekonomi produktif.", ungkap Dewi Meisari, Chief Editor ukmindonesia.id.

 

Upaya Bersama Wujudkan Indonesia jadi Pusat Pangan Gluten Free Dunia

 

Menurut Peraturan Pemerintah no.7/2021, batas tertinggi pada kriteria omset UMKM adalah Rp50 miliar per tahun (Usaha Menengah). Dengan demikian, suatu perusahaan bisa dikategorikan sebagai Usaha Besar jika omsetnya sudah melebihi batas atas tersebut. Untuk membesarkan skala, sebuah dapat menggunakan strategi penguatan infrastruktur produksinya sendiri, atau strategi penguatan infrastruktur kemitraannya.  

 

Sebagai perusahaan yang ingin pro-aktif mengupayakan terwujudnya Indonesia menjadi pusat pangan gluten free dunia, Ladang Lima menjalankan kedua strategi tersebut. Untuk itulah Healthypreneur dirancang sebagai program pendampingan terstruktur yang terdiri dari kegiatan edukasi, pengembangan kapasitas, sekaligus kurasi calon mitra bisnis Ladang Lima.

 

"Kami ini sudah dikenal sebagai produk pangan gluten. Jadi jujur waktu ikut Healthypreneur ini ada rasa deg-degan dan ragu. Apa iya produk gluten free ada pasarnya? Melalui bootcamp kemarin kami didorong untuk melakukan uji pasar sebagai tantangan menuju 10 besar. Akhirnya walau ngeri gak laku, kami tetap jajakan produk inovasi gluten free kami di suatu bazaar. Gak nyangka, 60 paket Pie dan 30 paket Sus Ayam Suwir kami ludes! Terima kasih Ladang Lima, karena selain tingkatkan pengetahuan dan keterampilan, kami juga didorong untuk melewati rasa khawatir dan rasa takut!", kesan Ardian Firdaus Martanto, owner PAIQU, salah satu peserta Top 10. 

 

Program Healthypreneur adalah program tahunan yang sudah menjadi komitmen Ladang Lima. Bagi kamu-kamu yang ingin dapatkan ilmu, pendampingan, dan kesempatan dapat manfaat tambahan berupa dukungan modal usaha, tenang, bisa ikut tahun depan, kok! 

 

"Ayo kita kembangkan keragaman pangan gluten free untuk Indonesia yang lebih sehat!",  tambah Chef Marinka selaku Brand Ambassador Ladang Lima mengajak para pelaku usaha pangan untuk terus semangat berinovasi. 

 

___________________________________

 

Tentang Ladang Lima

Ladang Lima adalah sebuah merek dagang dari tepung mocaf singkong dan aneka produk pangan gluten free yang diproduksi oleh PT Agung Bumi Agro. Beroperasi sejak 2014, Ladang Lima lahir sebagai perusahaan dan produk yang berorientasi pada dampak sosial lingkungan. Pada sisi hulu rantai nilainya, Ladang Lima bermitra dan mendampingi petani lokal Jawa Timur melalui pengadaan benih dan edukasi metode tanam tanpa pestisida, agar hasil panennya sesuai dengan standar kualitas dan dapat dibeli oleh Ladang Lima. Untuk memperluas basis dampak di sisi hilir, sejak 2021 Ladang Lima menyelenggarakan Program Kompetisi Inovasi Produk dan Pendampingan Bisnis, Healthypreneur, yang juga merupakan sarana kurasi calon mitra bisnis yang dapat bergabung dalam jaringan pemasaran Ladang Lima.

 

www.ladanglima.com 

https://instagram.com/ladanglima.id 

https://instagram.com/healthypreneurladanglima

 

 

Tentang ukmindonesia.id - UI

UKMIndonesia.id adalah sebuah Hak Kekayaan Intelektual (HKI) milik Universitas Indonesia berupa media berbasis komunitas yang menghadirkan informasi, pengetahuan, dan ragam kesempatan bagi UMKM Naik Kelas. Hak Cipta ukmindonesia.id dikelola oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), dan Hak Merek-nya dikelola oleh PT Indonesia Tumbuh Inklusif (ITI) melalui suatu perjanjian kerjasama lisensi dengan Universitas Indonesia. Sejak diluncurkan pada 14 September 2017, website ukmindonesia.id telah melayani lebih dari 4.5 juta pembaca dan sejak 2019 memberikan pelatihan online gratis ke lebih dari 10.000 pelaku dan fasilitator pendampingan UMKM, yang mana sebagian alumni terpilihnya dipromosikan lebih lanjut melalui katalog digital www.ukmjagowan.id.

 

www.ukmindonesia.id 

https://instagram.com/ukmindonesiaid

www.ukmjagowan.id

04 November 2022 | 4 Mins Read

WhatsApp Bermitra dengan ukmindonesia.id Hadirkan 20 UMKM JagoWAn dalam Pameran Pasar WhatsApp!

UKMJagoWAn

Jakarta, 24 Oktober 2022 - 7 dari 10 orang Indonesia lebih memilih untuk mengirim pesan bisnis daripada menelepon atau mengirim email[1]. Hal ini tidak mengherankan, karena bagi banyak usaha kecil di Indonesia, WhatsApp adalah bisnis mereka—situs web mereka, etalase mereka, mata pencaharian mereka dan bagaimana mereka menjalankan bisnisnya. 

 

Untuk menunjukkan keunggulan dan keberagaman UKM di Indonesia, WhatsApp bekerja sama dengan UKM Indonesia.id menyelenggarakan Pasar WhatsApp, sebuah pop-up market yang berlangsung selama 3 hari dari 29 hingga 31 Oktober (Sabtu hingga Senin, pukul 10 pagi - 9 malam setiap harinya), di Atrium Lobi Lantai Dasar Senayan Park, Jakarta. Acara ini akan menghadirkan 20 UKM menarik — di bidang F&B, fesyen, seni, dan kerajinan — yang telah menjalankan bisnis dengan sukses menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk berbelanja produk lokal dan mendukung berbagai UKM dari seluruh Indonesia—dari Jabodetabek, Jawa Barat dan Yogyakarta hingga Sumatera Selatan, Bali, dan Jambi—semuanya hadir dalam satu tempat. 

 

Baik pasangan muda yang mencari furnitur untuk kelengkapan rumah, atau keluarga yang sedang mencari pakaian lucu untuk anak-anak, beragam produk tersedia untuk semua orang. Jawa Classic, dari, Yogyakarta, menjual furnitur kayu dan rotan berkualitas. Keytabee, usaha yang dijalankan oleh orang tua asal Cianjur menjual pakaian anak-anak ala Jepang berbahan ramah lingkungan. GoodVibes Botanical dari Bantenyang menjual rangkaian produk perawatan kulit dan penghilang stres. Serta jika Anda seorang pecinta makanan yang tidak bisa menolak camilan lokal yang enak, atau orang  yang suka makanan sehat, ada banyak pilihan: Pawon Nesara dari Depok menjual biskuit bebas gluten buatan sendiri. Kahla Tempte Crispy dari Sukabumi menjual keripik tempe gurih tanpa pengawet. Serta Bonpay Rhanindi dari Jawa Timur menjual abon pepaya dengan menggunakan rempah-rempah Indonesia sehingga memiliki tekstur yang renyah dan gurih.Pengunjung juga dapat memamerkan kecintaan mereka terhadap brand lokal, dan berfoto bersama teman dan keluarga di photo booth yang akan berlokasi di tengah pop-up. 

 

“UKM yang menjadi bagian dari Pasar WhatsApp adalah contoh yang bagus tentang betapa suksesnya UKM ketika melakukan transisi ke online. Kami berharap orang-orang dapat mengetahui UKM ini, bangga  serta mendukung mereka, dan UKM dapat menemukan lebih banyak pelanggan yang terhubung dengan mereka melalui Aplikasi WhatsApp Business,” kata Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia. 

Temukan brand lokal unggulan dari Katalog UKMJagoWAn.id di bawah ini dan dapatkan promo khusus dari seluruh brand hanya selama kegiatan berlangsung! 

 

10 Brand Terpilih Kategori Makanan dan Minuman

 

1. DJAMPI SAYAH (lihat profil usaha)

2. IMAGO RAW HONEY (lihat profil usaha)

3. SINCERE FOODS (lihat profil usaha)

4. PAWON NARASA (lihat profil usaha)

5. YAMMY BABEH (lihat profil usaha)

6. TENTANG PRISTIWA (lihat profil usaha)

7. RESTU MANDE (lihat profil usaha)

8. KAHLA TEMPE CRISPY (lihat profil usaha)

9. ROEPARASA (lihat profil usaha)

10. BONPAY RHANINDI (lihat profil usaha)

 

10 Brand Terpilih Kategori Fesyen, Kerajinan, dan Perawatan Tubuh

 

1. MEDINA SPORTSWEAR (lihat profil usaha)

2. PEEK.ME NATURALS (lihat profil usaha)

3. SOPHICRAFT (lihat profil usaha)

4. GOODVIBES BOTANICAL (lihat profil usaha)

5. JAWA CLASSIC (lihat profil usaha)

6. KEYTABEE (lihat profil usaha)

7. RIFERA (lihat profil usaha)

8. HALUAN BALI (lihat profil usaha)

9. RUMAH JAMBE-E (lihat profil usaha)

10. VEWILMA (lihat profil usaha)

 

Pasar WhatsApp merupakan bagian dari kampanye Jualan di WhatsApp — di mana WhatsApp bekerja sama dengan berbagai mitra untuk mendukung ekonomi digital di Indonesia. 

 

Tentang WhatsApp

Lebih dari 2 miliar orang di lebih dari 180 negara menggunakan WhatsApp untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga, kapan saja dan di mana saja. WhatsApp gratis dan menawarkan pesan dan panggilan yang sederhana, aman, andal, di seluruh dunia.


 
[1] Sumber: Riset Penggunaan Pesan Bisnis oleh Kantar (Ditugaskan oleh Meta pada April 2022).

24 October 2022 | 3 Mins Read

#UKMJuWAra 2021 Article Competition

UKMJagoWAn

Peserta: Media Online/ Kontributor Media Online/ Jurnalis Media Online
Wajib membuat dan mempublikasikan artikel original (bukan press release) pada media local maupun nasional yang bisa diakses semua kalangan dengan ketentuan: 
Artikel sedikitnya terdiri dari 800 kata
Berisi ulasan tentang www.ukmjuwara.id sebagai portal promosi Brand-Brand lokal UMKM yang dipersembahkan oleh WhatsApp x ukmindonesia.id dan didukung oleh Kementerian Perdagangan RI untuk mendukung gerakan #banggabuatanindonesia
Mengandung inspirasi dan ajakan untuk turut mempromosikan 100 Brand lokal kita dengan mengunjungi dan menyebarluaskan katalog digital www.ukmjuwara.id 
Dianjurkan agar artikel juga turut mengulas satu atau beberapa Brand yang dipilih sendiri oleh wartawan, namun tetap harus turut mengulas website ukmjuwara.id. 
Selain kewajiban diatas, kami membebaskan alur dan pilihan sudut pandang/ fokus narasi (ingin fokus pada beberapa produk unik/ pengangkatan profil pemilik usaha/ potensi ekonomi yang bisa tercipta/ dan lainnya)
Registrasi  dilakukan melalui bit.ly/artikelukmjuwara

Waktu dan Durasi Kompetisi:

Kompetisi dibuka dari tanggal 19 November (launching event)
di publikasikan di IG ukmindonesia.id dan IG Story peserta Katalog 100 #UKMJuWAra 2021 pada tanggal 21 November 2021 dan ditutup pada tanggal 27 November 2021. 
Pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 1 Desember 2021  di IG ukmindonesia.id

Indikator penilaian pemenang:

Kreativitas konten/sudut pandang (30%)
Kualitas penulisan - inspirasi (30%)
Kelengkapan unsur pesan (30%)
Jumlah share/views (10%)
Hadiah pemenang:

Juara 1 = Uang tunai 3,000,000
Juara 2 = Uang Tunai 2,000,000
Juara 3 = Uang Tunai 1,000,000

Pemenang akan dihubungi oleh tim ukmindonesia.id untuk diberikan hadiah

22 November 2021 | 3 Mins Read

#UKMJuWAra 2021 Reels Competition

UKMJagoWAn

Ayo dukung kebangkitan UMKM di Indonesia dengan promosikan Katalog 100 #UKMJuWAra 2021 melalui karya Instagram Reels terbaikmu dan dapatkan hadiah jutaan rupiah!

Tata cara Kompetisi:

Peserta umum (pemilik akun Instagram)
Wajib membuat konten original pada Instagram dalam bentuk reels dengan durasi minimal 30-60 detik berisi:
Promosi Katalog 100 #UKMJuWAra 2021 pada situs www.ukmjuwara.id
Wajib menampilkan gambaran katalog produk pada situs tersebut
Wajib menyebutkan/ menuliskan pada video serta meletakkan pada caption bahwa Katalog 100 #UKMJuWAra 2021 dipersembahkan oleh ukmindonesia.id, Whatsapp, dan Kementerian Perdagangan RI dan dalam rangka mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia
Wajib tag @ukmindonesiaid (sebagai registrasi)
Wajib meletakan #UKMJuWAra #BanggaBuatanIndonesia #ukmindonesiaid
Wajib ada kalimat seruan/ ajakan netizen lain untuk mengunjungi  situs www.ukmjuwara.id dan melihat Katalog 100 #UKMJuWAra 2021
Substansi promosi harus bisa menjawab pertanyaan “Mengapa kita harus mengunjungi dan bantu promosikan www.ukmjuwara.id?”

Ketentuan lainnya:

Peserta dapat mengisi konten dengan ulasan salah satu atau beberapa Brand favorit yang ada di www.ukmjuwara.id 
Reels yang diajukan harus bisa diakses oleh siapapun di Instagram (bukan private account)

Waktu dan Durasi Kompetisi:

Kompetisi  ditutup pada tanggal 28 November 2021. 
Pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 1 Desember 2021  di IG ukmindonesia.id

 

Indikator penilaian pemenang:Kreativitas konten (30%)
Daya inspirasi pesan (30%)
Kelengkapan elemen konten (20%)
Jumlah likes dan komentar (20%)

Hadiah pemenang:Juara 1 = Uang tunai 1,500,000
Juara 2 = Uang Tunai 1,000,000
Juara 3 = Uang Tunai 500,000
Pemenang akan dihubungi oleh tim ukmindonesia.id untuk diberikan hadiah


Disclaimer:

Hasil keputusan pemenang adalah kewenangan ukmindonesia.id selaku penyelenggara, sehingga bersifat mutlak  dan tidak dapat diganggu gugat. 

 

22 November 2021 | 3 Mins Read

Acara Peluncuran Situs www.ukmjuwara.id dan Katalog 100 #UKMJuWAra 2021

UKMJagoWAn

Pandemi sangat berdampak bagi UMKM dan ini saatnya kamu ikut berkontribusi bantu UMKM untuk bangkit lagi. Dukung UKM JuWAra kamu dengan promosikan mereka atau beli produk unggulan untuk hadiah akhir tahun kamu buat orang tersayang.

 

Katalog digital www.ukmjuwara.id dipersembahkan oleh WhatsApp dan ukmindonesia.id - didukung oleh Kementerian Perdagangan RI. UKM JuWAra adalah tempatnya Brand-Brand lokal UMKM pilihan, yang memudahkan kamu untuk mencari, mempromosikan, dan membeli produk mereka untuk dukung gerakan #banggabuatanindonesia 

 

Ikuti juga lomba konten promosi digital dan artikel medianya agar kita bisa gotong royong mempromosikan Brand lokal kita. Informasi lebih lengkap mengenai lombanya juga akan disampaikan pada acara ini yang akan diselenggarakan pada:

 

Hari : Jumat, 19 November 2021

Jam: 13:30 - 14:30 WIB

 

Yuk segera daftar di:

bit.ly/promosikanUKMJUWARA

 

Yuk gotong royong promosikan Brand lokal. Kalo bukan kita, siapa lagi?

 

18 November 2021 | 2 Mins Read

Penyertaan Saham Modal Ventura ke Startup dan UMKM Mulai Menanjak

UKMJagoWAn

Bisnis.com, JAKARTA - Imbauan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar industri modal ventura memperbesar porsi penyertaan saham kepada UMKM dan perusahaan rintisan (startup), sedikit demi sedikit mulai ada kemajuan.

Sekadar informasi, departemen Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK tengah berupaya membenahi industri ini, karena melihat fenomena beberapa perusahaan modal ventura (PMV) yang lebih fokus pada usaha pembiayaan saja. Padahal, sesuai ketentuan, PMV wajib memiliki portofolio kegiatan penyertaan saham dan/atau penyertaan melalui pembelian obligasi konversi paling rendah sebesar 15 persen dari total kegiatan usaha PMV.

 

"Dari 56 PMV konvensional, 14 PMV belum ada kegiatan penyertaan saham, hanya pembiayaan usaha produktif. Sementara itu, 20 PMV sudah memutuskan mulai melakukan kegiatan penyertaan saham walaupun belum memenuhi ketentuan minimal," ungkapnya, Senin (8/11/2021). Sebagai gambaran, berdasarkan ststistik OJK, total nilai investasi modal ventura ke startup atau UMKM yang disebut perusahaan pasangan usaha (PPU) mencapai Rp16,18 triliun ke 1,98 juta PPU pada kuartal III/2021.

 

Investasi ini terbagi dalam kegiatan penyertaan saham Rp5,28 triliun kepada 184 PPU, penyertaan saham melalui obligasi konversi Rp633 miliar kepada 189 PPU, dan pembiayaan usaha produktif Rp10,26 triliun kepada 1,9 juta PPU. Sebagai perbandingan, pada Oktober 2020 lalu, nilai dari penyertaan saham baru Rp2,76 triliun kepada 145 PPU, penyertaan saham melalui obligasi konversi senilai Rp648 miliar kepada 137 PPU, dan pembiayaan usaha produktif Rp9,68 triliun kepada 1,9 juta PPU. "Tren pertumbuhan pembiayaan dan penyertaan pada industri PMV selama pandemi mencerminkan kondisi yang cukup baik meskipun sempat melambat pada Desember 2020. Tren PMV yang mulai melakukan penyertaan saham pun bagus, tercermin dari kenaikan nilainya secara total di industri per September 2021 sebesar 107,21 persen year-on-year [yoy]," tambahnya. OJK masih berupaya berbenah dan berharap besar iklim industri modal ventura lokal lebih baik lagi agar sesuai dengan tuntutan zaman, yaitu memperbesar peran strategis sebagai investor awal yang ikut pembimbing para PPU prospektif naik kelas menjadi perusahaan yang kompeten dan berpengaruh dengan lebih cepat.

 

Sebagai informasi, PMV lokal sebenarnya tak kalah pamor dengan investor global dan PMV berskala internasional. Banyak PMV lokal yang diidam-idamkan startup asal Tanah Air, untuk menjadi pendana, partner, sekaligus mentornya. Pasalnya, para startup mulai yang berada di seed-stage sampai ke Series-G sekalipun, melihat MV lokal bisa memenuhi kebutuhan jejaring untuk ekspansi bisnis ke tahap selanjutnya. OJK sendiri memiliki aturan investasi penyertaan PMV ke pasangan usahanya paling lama 10 tahun, dan hanya bisa diperpanjang dua kali dengan total akumulasi periode perpanjangan pun maksimal 10 tahun lagi. Dalam periode tersebut, PMV harus sukses melakukan exit strategy, lewat penawaran umum, penawaran terbatas, atau penjualan saham kembali ke pasangan usaha. Harapannya, dana yang tertanam tidak lama mengendap di satu wadah saja, namun membawa dampak ke pasangan usaha selanjutnya seiring pencarian bibit-bibit startup potensial baru.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Penyertaan Saham Modal Ventura ke Startup dan UMKM Mulai Menanjak", Klik selengkapnya di sini: bisnis.com

08 November 2021 | 3 Mins Read

Cara Cek Nama Penerima, Syarat dan Daftar BLT UMKM Rp 1,2 Juta

UKMJagoWAn

Program bantuan produktif usaha mikro (BPUM) atau BLT UMKM mulai disalurkan sebesar Rp 1,2 juta per masing-masing UMKM. Tujuan pemerintah yaitu untuk mendongkrak berjalannya usaha UMKM selama pandemi Covid-19. Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Eddy Satriya mengatakan, hingga saat ini jumlah UMKM yang sudah mendapatkan bantuan baru sekitar 12,7 juta. Sementara target pemerintah 12,8 juta UMKM. Artinya masih ada 100.000 UMKM yang harus diberikan BLT UMKM. “Betul, yang sudah tersalurkan baru 12,7 juta UMKM dari 12,8 juta UMKM yang ditargetkan. Ada 100.000 UMKM lagi yang akan kami salurkan. Rencananya pertengahan November ini kami salurkan,” ujar Eddy saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/11/2021).

Klik link ini untuk baca informasi selengkapnya: Kompas.com

 

 

08 November 2021 | 2 Mins Read

Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia (SBBI) KEMENPAREKRAF RI

UKMJagoWAn

Dampak pandemi COVID masih dirasakan banyak kalangan, tak terkecuali pelaku ekraf tanah air. Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia merupakan rangkaian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Program ini diberikan pemerintah untuk mendorong peningkatan transaksi penjualan produk kreatif nasional para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor Fesyen, Kriya dan Kuliner di platform digital. Stimulus ini diharapkan mampu mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan mengajak masyarakat untuk ikut berperan dengan lebih memilih untuk membeli produk buatan dalam negeri.

Syarat Penerima Bantuan

- Produk merupakan buatan Indonesia, tervalidasi sebagai merek lokal;
- Merchant dimiliki WNI;
- Merupakan produsen atau distributor resmi yang memiliki hak kuasa atas merek untuk produk kategori Fesyen, Kuliner, dan Kriya;
- Memiliki sertifikat merek yang masih berlaku dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual;
- Terdaftar sebagai Merchant di Platform Digital yang bekerjasama dengan Program SBBI (Bhinneka, Blibli.com, - Bukalapak, Lazada, theFthing, goorita);
- Memiliki NIB atas nama pribadi atau badan usaha;
 
Belum pernah dan tidak sedang menerima bantuan pemerintah yang menggunakan anggaran PEN maupun bantuan sejenis lainnya.
 

Langkah Mudah Program SBBI

- Lakukan pendaftaran data diri dan data merchant kamu di stimulus-bbi.kemenparekraf.go.id
- Setelah mendapatkan notifikasi email, silahkan input data merchant, merek, platform digital, toko, produk, dan berbagai data tambahan lainnya. (selengkapnya dapat Sahabat UKM cek di sini )
- Setelah mendaftar, panitia akan melakukan kurasi pada merchant terdaftar dan akan mengumumkan apakah merchantmu lolos sebagai penerima manfaat program ini
- Promosikan produk kreatifmu dengan voucher potongan harga PSBBI
- Buat rekapitulasi setiap penjualan Sahabat sesuai dengan format tersedia
- Dapatkan pencairan dana stimulus untuk merchant Sahabat.
 

18 October 2021 | 2 Mins Read